Tuesday, April 16, 2013

Sabtu Malam Absurd


Gue ga pernah ngerasain apa itu malam minggu. Gue ga tau apa itu malam minggu, yang kata orang terasa lebih lama daripada malam-malam lainnya. Mungkin di malam minggu, panjang malamnya itu sama dengan satu kali Pluto berotasi mengelilingi matahari. Atau kayak lamanya Spongebob yang berusaha mendapatkan SIM-nya.

Gue cuma mengenal sabtu malam. Iyah, sebuah malam yang kegencet diantara hari sabtu dan hari minggu. Dulu, gue melewati sabtu malam gue dengan nonton film di laptop, atau sekedar dengerin musik lewat hape gue. Kalo lagi rajin banget, gue bakal tidur lebih awal agar malam itu segera berganti menjadi hari minggu dan gue bisa nonton film Doraemon. Hidup gue emang keren banget!

Semenjak gue dinobatkan jadi mahasiswa dan ketemu sama orang-orang yang kece parah, sabtu malam gue jadi makin absurd. Biasanya gue ama temen-temen ngelewatin sabtu malam kita dengan kegiatan-kegiatan yang produktif banget.

Kita suka nongkrong di sebuah warung nasi uduk kaki lima di dekat mall daerah Ciledug. Ini warung nasi uduk terenak yang pernah kita rasain, terlebih karena harganya emang pas banget ama kantong anak kuliahan. Kalo kita udah nongkrong di situ, rasanya ga mau beranjak sebelum makanan kita abis (yaiyalah). Dari yang tadinya warungnya sepi, trus rame, sampe sepi lagi, kita tetep betah nongkrong di situ hingga akhirnya kita harus bantuin ibu penjualnya nyusunin kursi karena warungnya mau tutup. Meski cuma warung pinggiran, tapi warung itu cozy banget dan bikin kita selalu kangen untuk kumpul bareng di situ lagi.

Di sebuah sabtu malam yang lain, gue sama temen-temen suka bikin acara film marathon, dimana kita bakal nonton banyak banget film yang kita sewa dari rental DVD. Acara ini biasanya kita mulai dari jam 10-an malem, dimana orang rumah udah pada tidur dan kamar udah cakep banget buat dikunci dan lampunya dimatiin. Sambil nonton film, temen yang selalu rela kamarnya kita berantakin biasanya suka bikinin kita kopi, beliin cemilan sampe ngepel-ngepel atap rumah. Kalo udah acara film marathon, orang yang paling awal tidur adalah gue. Kadang sebelum film pertama selesai di tonton, gue udah ngeloyor duluan ke alam mimpi. 

Di malam minggu yang lain, kita suka nongkrong berjam-jam di sebuah warung roti bakar dan susu jahe yang masih di daerah Ciledug juga. Kenapa kita doyan ngambil spot Ciledug? Ya karena kampus kita di daerah sana dan temen-temen pada bernaung di sana juga.

Jadi di warung roti bakar ini, kita bakal mesen seporsi roti bakar dengan ekstra taburan keju, juga segelas susu jahe dengan ekstra susu. Sebagai mahasiswa, kita ga mau rugi, tapi ngerugiin para penjualnya.

Ini juga spot yang cozy banget buat kita. Yang bikin tempat ini keren tuh, para pelanggannya di sediain tempat lesehan di depan emperan toko, beralaskan sebuah tikar. Jadi, semua pelanggan itu derajatnya dibikin sama. Ga ada yang lebih tinggi atau lebih rendah. Ga ada yang gengsi-gengsian takut kotor atau segala macam hal lainnya.

Kadang kalo isi dompet lagi tebel, kita suka main ke mall. Jadi anak gaul yang nongkrong di bioskop, makan di food court, nge-PUMP, atau sekedar nampang narsis di sebuah taman di Central Park.

Spot sabtu malam lain yang sering kita 'jarahi' adalah Lawson depan kampus. Dengan modal segelas minuman, kita udah bisa nongkrong dan manfaatin fasilitas Lawson sesukanya. Wifi gratis, TV gede, AC yang lumayan adem. Kita biasanya ngambil spot di lantai 2, di smoking area. Selain karena bisa nonton TV, di spot ini kita bisa ngerasain AC alam yang jauh lebih asik daripada AC ruangan.

Ngomong-ngomong soal Lawson, gue pernah punya pengalaman absurd bareng temen-temen di tempat ini. Kita pernah ketemu ama bocah kelas 2 SMA asal Semarang, yang entah bagaimana bisa nyasar sampe di Lawson Jakarta Barat. Kalo menurut ceritanya, doi main ke Jakarta buat nonton acara Dahsyat. Namun malang bunda mengandung, abis dari nonton acara itu, dompetnya ilang dan dia ga bisa pulang ke Semarang. Dia sendirian dan ga punya sanak saudara di Jakarta.

Kita sebagai mahasiswa yang baik hati, tidak sombong, gampang terenyuh dan iba langsung berinisiatif buat ngebantu anak ini. kita nyumbangin sejumlah uang dan ngasi tempat tinggal buat dia (sebut saja Rizky) buat ngelewatin malam di kos-kosan abang temen gue.

Besoknya, gue denger kabar kalo si Rizky ga ada di kosan abang temen gue. Usut punya usut, doi kabur sesaat setelah ditinggal temen gue pulang ke rumahnya. Mungkin doi takut sendirian atau emang ga mau tinggal di situ, gue ga tau. Sialnya, doi pergi sambil ngebawa kunci kos kamar abang temen gue ini. Dan berkat ulahnya itu, temen gue jadi ngeganti kunci pintu kamar dan kena sembur dari sang abang tercinta. Saat itu, gue cuma berharap si Rizky bisa balik ke Semarang dengan selamat, ketemu putri yang cantik jelita, nikah dan hidup bahagia selamanya.

Tapi ternyata harapan kita ga dikabulin Tuhan. Dua minggu setelah kejadian itu, kita dipertemukan lagi dengan Rizky, di tempat yang sama. Mungkin ini yang namanya jodoh. Pertemuan kedua ini penuh haru biru. Baik Rizky maupun gue dan temen-temen ngerasa kayak dikasi surprise yang sama sekali ga bikin seneng, tapi kesel. Kita yang mengira dia udah main kelereng di Semarang bareng temen-temen segengnya, ternyata masih keliling-keliling di daerah Jakarta. Entah apa niat yang terbersit di otaknya sehingga ia masih 'betah' berada di ibu kota, bukannya kembali ke rumahnya di Semarang. Berbagai kilah dia paparkan untuk menutupi kebohongannya. Rentetan introgasi yang kita layangkan tak urung membuatnya menceritakan hal yang sebenarnya.

Akhirnya, sabtu malam gue kala itu harus berakhir di kantor polisi. Bareng temen-temen, kita minta aparat negara tersebut untuk membantu Rizky pulang ke Semarang, agar tak ada korban kebohongan yang berjatuhan lagi. Semoga kali ini dia bener-bener pulang ke Semarang dan ketemu ama keluarganya. Kumpul bareng keluarga itu hal terindah, ketimbang kita harus luntang-lantung di jalanan yang keras, dingin, apalagi sampai ngebohongin orang-orang. Gue cuma berharap kalo Rizky baca tulisan gue ini, dia bisa lebih menghargai apa yang dinamai ketulusan.

Sabtu malam gue emang selalu absurd. Selalu ada hal gila yang terjadi didalamnya. Meski gue ga pernah ngelewatin sabtu malam bareng pacar, meski gue cuma ngejalanin bareng temen-temen gue, tapi sabtu malam gue terasa lebih keren dan berkesan ketimbang malam minggu para couple diluar sana. Karena bagi gue, persahabatan itu diatas segalanya. Gue bisa ketawa lepas, menjadi diri gue sendiri, dan yang terpenting, gue ngerasa bebas dari belenggu masalah hidup ketika gue kumpul bareng mereka, sahabat-sahabat gue.

Karena meski kita bertengkar, meski kita berbeda pendapat, selalu ada tawa setelah itu. Ada peluk hangat, ada maaf, ada hati yang lebar terbuka, nerima kita apa adanya. Dan dalam persahabatan, ga ada sebuah kosa kata yang kita sebut "putus". Persahabatan, sebuah hubungan yang paling abadi. Dan gue bersyukur gue mempunyai hubungan itu.