Friday, September 6, 2013

Celoteh Tentang SMS dan BBM



Siapa yang ga kenal sama aplikasi BBM atau Blackberry Messenger yang cuma ada di smartphone Blackberry ini? Aplikasi chatting yang memudahkan para penggunanya untuk saling berkabar dan berbagi file.

Ada yang pernah bilang sama aku, BBM itu mampu mendekatkan hubungan yang jauh. Pada setuju ngga? Aku sih setuju banget! Dengan BBM, kita bisa dengan mudah jadi 'lebih dekat' dengan seseorang. Karena apa? Aplikasi BBM ini punya beberapa fitur seperti Personal Message, Display Picture, Recent Updates, dan yang paling keren adalah BBM ini punya semacam mbah dukun yang bakal ngasi tau kita kalo pesan yang kita kirim ke orang itu udah nyampe, pending, atau bahkan udah dibaca. Nah, fungsi-fungsi inilah yang membuat BBM jadi aplikasi chatting nomor satu di kelasnya.

Aku sendiri adalah salah satu pengguna BB sejak tahun 15 SM. Udah lamaaa banget aku berteman baik dengan si BBM ini. Meski aplikasi di Blackberry (sebenarnya) itu-itu doang, aku tetep betah mempertahankan BB-ku karena aplikasi BBM-nya. Ada beberapa teman ngobrol di BBM-ku yang bikin aku makin betah menimang-nimang si BB.

Harus aku akui, BBMan itu emang seru. Lebih seru dari SMS. Kita bisa dengan mudah ngobrol sama orang di negeri antah-barantah hanya dengan bermodalkan tukeran pin. Kita bisa ngirim pesan seberapa panjangpun, tanpa harus takut pesan itu hanya terkirim sebagian, atau takut pulsa kita abis kalo ngobrol terlalu panjang-lebar.

Tapi pernah ga sih terbersit di pikiran kalian kalo BBM itu sebenarnya ga asik-asik banget? Pernah ga kalian merindukan saat-saat kalian penasaran, apakah sms kalian terkirim, dibaca, bahkan dibalas oleh seseorang? Aku pernah banget!!

Seberapa canggihpun aplikasi BBM, entah kenapa, ada feel yang ga bisa dia ciptakan, seperti feel saat kita smsan..

Di BBM, kita bakal dengan mudah tau bahwa pesan kita terkirim dan dibaca. Kita tau bahwa lawan bicara kita sedang menulis pesan balasan untuk kita. Kita bakal nethink kalo sekiranya BBM kita cuma di baca doang, atau lebih ironisnya.. langsung di end chat tanpa membaca pesan kita terlebih dahulu. Itu kayak kita lagi suka-sukanya sama gebetan, tapi dia malah patahin harapan kita berkeping-keping. Nyesek!!

Biasanya, orang yang lebih intensif ngobrol di BBM bakal terkesan 'jauh' di dunia nyata. Mereka yang dari bangun tidur sampai tidur lagi selalu BBMan, update status, update foto, dan sebagainya, akan terasa sangat dekat di dunia maya, namun akan berbanding terbalik di dunia nyata. Ga ada yang salah dengan teori ini, karena aku sendiripun ngalamin hal yang serupa. Aku dekat dengan orang-orang di dunia BBM, sering banget ngobrol dan udah ngerasa klik banget buat dijadiin temen seru-seruan. Tapi ketika aku berhadapan langsung dengan orang itu, kita berdua jadi ngerasa canggung nyari topik yang pas untuk di obrolin. Endingnya, kita berdua sama-sama autis dengan BB kita masing-masing. Miris.

Di BBM, bakal ada orang-orang iseng yang suka nge-broadcast message aneh-aneh. Sebuah broadcast yang sering aku dapetin itu tentang BBM error, trus seluruh pengguna BB DIHARUSKAN ngebroadcast sebuah message agar ID Blackberrynya terdaftar oleh RIM. Hiih. Cuma orang-orang berpikiran engga wajar yang bakal percaya sama isu itu.

Satu hal yang sering aku sayangkan dari para pengguna BBM adalah.. mereka (yang katanya) para pengguna smartphone tapi engga bisa mempergunakan phone itu secara smart.

Eniwei, aku kangen masa-masa ketika sms masih berjaya luar biasa dan luar angkasa. Aku merindukan feel penasaran ketika aku nge-sms seseorang. Saat aku menunggu balasan dari orang itu tanpa aku tau sebenarnya sms aku sampai dengan selamat di handphone dia, atau malah nyangkut di jemuran tetangga. Mencari-cari tukang jual pulsa ketika tiba-tiba pulsaku habis di tengah obrolan yang seru.

Di sms, ga ada yang namanya auto text, yang kebanyakan kaum alay mengisinya dengan teks-teks yang kasat mata dan jika dipaksakan untuk dibaca, malah bikin mata berair, merah-merah bahkan menimbulkan kebutaan sementara.

SMS ngebikin aku engga selfish, karena aplikasi sms ada di segala tipe hp apapun. Mulai dari hape lempar anjing sampe hape lempar banci. Dari hape terjadul hingga hape paling gaul. SMS bikin aku engga ansos (anti sosial), karena biasanya aku bakalan nge-sms-in orang untuk sesuatu yang penting-penting di bicarain aja. Takut pulsa cepat habis adalah salah satu faktor utama aku.

Oleh karena itu, aku menceraikan Blackberry dan mulai menjalani hidupku dengan normal dan netral. Terkadang, aku emang kangen BBMan sama orang-orang yang tak bisa kutemui setiap waktu, sekedar untuk menghangatkan hubungan yang mulai mendingin karena kesibukan masing-masing. Tapi, ngobrol ga harus di BBM, kan? Lagipula, udah banyak aplikasi chatting lain yang muncul ke permukaan, menggeser ke-eksis-an BBM dari muka bumi.

Yah, pada akhirnya, secanggih apapun smartphone kalian, sekeren apapun aplikasi chatting kalian, kalau engga ada pulsa, sama aja bohong.


NB: Ini cuma celotehku. Kalo ada yang ngerasa ga suka, tersinggung atau bahkan pengen ngais tanah, silahkan aja. Ini cuma pemikiran liar yang aku coba tuangkan melalui tulisan..